Utami

This Feeling Really Priceless For Me…

Konsumsi Buah untuk Kesehatan

1191543_fruits2Buah merupakan salah satu menu makanan yang menunjang kesehatan kita. Konsumsi buah sudah diketahui banyak orang sebagai pelengkap agar memenuhi menu makanan sehat karena buah memiliki nutrisi dan gizi yang diperlukan tubuh. Buah sangat bermanfaat bagi tubuh dan merupakan bagian yang tak terpisahkan agar kita dapat selalu sehat dan bugar. Buah juga dijadikan menu wajib untuk makanan Anda sehari-hari. Oleh karena itu, kita perlu tahu apa saja manfaat buah? Dan kandungan apa saja yang terkandung dalam buah untuk kesehatan tubuh kita?

Beberapa kandungan buah yang utama adalah air, vitamin, mineral, serat, antioksidan dan karbohidrat. Berikut ini akan dibahas apa saja yang terkandung dalam buah sehingga mendatangkan manfaat bagi tubuh kita:

  • Air

    Jadi jika kita kurang mengkonsumsi air 2 liter dalam 1 hari, kebutuhan air ini masih dapat terpenuhi dengan mengkonsumsi buah.

  • Vitamin dan mineral

    Sebagian besar buah mengandung vitamin yang bermanfaat seperti vitamin C dan E. Sedangkan mineral yang ada dalam buah misalnya kalsium, zink maupun mangaan. Vitamin dan mineral adalah zat yang membantu metabolisme kerja sel dalam tubuh. Kekurangan vitamin dan minerla menyebabkan metabolisme tidak berjalan dengan baik sehingga dapat mengganggu kesehatan atau kesegaran tubuh.

  • Serat

    Tubuh membutuhkan serat karena serat berguna dalam proses pencernaan. Dengan adanya serat maka proses penyerapan gula dan lemak yang buruk dalam saluran cerna dapat dihambat.

  • Antioksidan

    Merupakan zat yang menangkal radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Radikal bebas adalah zat yang terdapat dalam polusi, aktivitas yang berlebihan, asap rokok dan kendaraan. Bila radikal bebas bertemu dengan kolesterol yang ada dalam tubuh makan akan membentuk bisul dalam tubuh sehingga dapat merusak sel endotel dalam pembuluh darah. Akibatnya, kolesterol akan mudah melekat dalam pembuluh darah.

  • Karbohidrat

    Karbohidrat digunakan sebagai sumber tenaga agar tubuh dapat melakukan aktivitas. Walaupun tidak banyak, tetapi buah memiliki karbohidrat kompleks yang terdiri dari glukosa dan fruktosa, dimana fruktosa yang masuk tidak membutuhkan hormon insulin untuk mengolahnya sehingga tidak membebani kerja pankreas, yang bila rusak dapat menyebabkan penyakit diabetes. Hal yang sangat berbeda bila kita mengkonsumsi gula.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, maka dianjurkan agar mengkonsumsi 10 porsi buah dengan 10 warna yang berbeda setiap hari. Jenis buah dengan warna berbeda misalnya: pisang, nanas, mangga, apel, jeruk, sawo, duku. Satu porsi satu buah utuh, bukan hanya potongan seperti rujak. Umumnya warna buah yang berbeda mengandung zat yang berbeda sehingga dapat saling melengkapi untuk memenuhi zat yang diperlukan oleh tubuh.

Dalam memilih buah sebaiknya dipilih yang warnanya mengkilap. Buah dengan warna terang atau mengkilap mengandung lebih banyak phytachemicals yang berarti lebih banyak kandungan antioksidan, lebih banyak mengandung vitamin dan mineral dibandingkan dengan buah yang kulitnya kusam.

Anjuran Food and Agriculture Organization (FAO) atau organisasi pangan PBB, dalam mengkonsumsi buah adalah 65,75 kg per kapita per tahun agar dapat tetap sehat. Jadi, jangan lupa untuk menambahkan buah dalam menu makanan Anda hari ini.

About these ads

March 20, 2009 - Posted by | Uncategorized

22 Comments »

  1. Mba utami salam kenal ya?! aq kan tiap hari sering minum jus tomat,nafsu makanq koq malah berkurang ya,aq hampir tiap selesai senam tiap sore sering minum jus tapi paginya aq selalu terasa kenyang banget, apa pengaruhnya di dalam pencernaan jika aku sering minum jus tomat tiap hari masalahnya aq punya maag ? thanks ya mba

    Comment by Vita Agustini | March 31, 2009 | Reply

  2. Aku mau tanya jus apa yang sehat dan enak?

    Comment by Anindyta Laksmi | March 31, 2009 | Reply

  3. aku ingin hidup sehat, dengan makanan dan minuman yang bergizi. Bagaimana ya solusinya?????????

    Comment by Febri Safitri | March 31, 2009 | Reply

  4. gimana sich caranya hidup sehat? Gimana caranya menjaga kesehatan buat orang yang mempunyai rutinitas yang sangat padat??????????

    Comment by Andika | March 31, 2009 | Reply

  5. Mba, tau manfaat buah bintaro nggak? Soalnya aku takjub ketika lihat yang namanya pohon bintaro (norak ya?). Pohonnya rindang, buahnya terlihat menarik dan sekilas mirip mangga. Tapi katanya buahnya beracun.

    Sorry, cuman penasaran aja. Soalnya kayaknya nggak ada yang nggak bermanfaat di dunia ini.

    Atau jangan jangan buah bintaro itu dapat digunakan untuk meracuni orang? :D

    Comment by Boy Pratama | March 31, 2009 | Reply

  6. Mba, aku mo nanya, kalo bijinya tomat boleh dimakan ga?
    Biasanya kan kalo bijinya cabe ga boleh dimakan, kalo tomat gimana?
    smoga Mas mau membalasnya….
    makasi…

    Comment by Marry | March 31, 2009 | Reply

  7. Mba kl aku kebanyakan mkn mangga yg manis tiap hr,ada efek negatifnya ga?soalnya aq sk bgt sm mangga sich,sehari aj bs 3 buah mangga,tlong dibls yah,makasih

    Comment by Nurlela | March 31, 2009 | Reply

  8. aku penasaran bagaimana cara hidup sehat?

    Comment by Yaya | April 29, 2009 | Reply

    • Mengatur pola makan yang seimbang dan olah raga yang teratur

      Comment by utami02 | May 27, 2009 | Reply

  9. aku mau tanya jus apa yang sehat dan enak?

    Comment by Dwi Andari | April 29, 2009 | Reply

    • Semua buah kalau di buat jus enak loh .. coba dh km variasiin buah-buah yang km suka buat di jus… di jamin pasti oke bgt th

      Comment by utami02 | May 27, 2009 | Reply

  10. aku ingin hidup sehat, dengan makanan dan minuman yang bergizi. Bagaimana ya solusinya?????????

    Comment by Sandra Arfan | April 29, 2009 | Reply

    • Mengatur pola makan dan jangan lupa olah raga ya …

      Comment by utami02 | May 27, 2009 | Reply

  11. gimana sich caranya hidup sehat? Gimana caranya menjaga kesehatan buat orang yang mempunyai rutinitas yang sangat padat??????????

    Comment by UlyanaH | April 29, 2009 | Reply

    • Asalkan mba bisa mengatur pola makan dan olahraga teratur pasti hidup mba akan menjadi sehat …

      Comment by utami02 | May 27, 2009 | Reply

  12. Aku mau tambahin ni manfaat ALPUKAT …
    Kandungan kalori, lemak dan minyak yang tinggi di dalamnya tidak saja menjadi sumber enerji yang melimpah yang dibutuhkan pada saat puasa, tapi juga mengurangi kadar kolesterol dan menjaga kelenturan otot-otot sendi.

    Comment by Rina Minarty | May 12, 2009 | Reply

  13. Terlalu banyak mengkonsumsi daging-dagingan, manis-manisan, goreng-gorengan, kopi dan minuman ringan sering membuat darah terlalu banyak kandungan asamnya dan mengakibatkan bintik-bintik merah di kulit. Jus semangka akan merontokkan asam tersebut dan memperbaiki kandungan darah. Bagi penderita diabetes, mengkonsumsi secara teratur jus semangka dapat menjaga meningkatnya gula darah. Kelebihan kandungan asam urik dalam tubuh yang menyebabkan arthritis, encok dan keracunan urea dapat dihilangkan dengan meminum jus semangka secara teratur dua kali sehari.

    Comment by Nia wulandaru | May 12, 2009 | Reply

  14. Kalian tau ga manfaat buah duku, ternyata Dilihat dari komposisi zat gizinya, buah duku tidak terlalu mengcewakan. Setiap 100 gr buah duku terkandung kalori 70 kal, protein 1.0 g, lemak 0.2 g, karbohidrat 13 g, mineral 0.7 g, kalsium 18 mg, fosfor 9 mg dan zat besi 0.9 mg. Untuk kandungan kalori, mineral dan zat besi duku setingkat lebih tinggi dibandingkan dengan buah apel atau jeruk manis. Kandungan lain yang bermanfaat adalah dietary fiber atau serat. Salah satu zat yang bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan, mencegah kanker kolon dan membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker.

    Comment by Favian | May 13, 2009 | Reply

  15. Apel banyak disukai karena rasanya yang khas. Berdasarkan penelitian, dalam satu buah apel saja diyakini memiliki banyak khasiat yang bermanfaat bagi tubuh. Apa saja kandungan buah apel? Dan manfaat apa saja yang bisa diperoleh dari sebuah apel?

    Comment by Intan | May 13, 2009 | Reply

  16. Mengkonsumsi buah pear membantu mengatasi rasa tidak enak di perut akibat kadar asam yang berlebihan yang berasal dari makanan berkalori tinggi, berminyak, dan pedas. Jus pear juga dapat dicampur dengan apel dan sedikit jeruk nipis.

    Comment by Rismawaty | May 13, 2009 | Reply

  17. Perhatian, terlalu banyak minum air kelapa muda menyebabkan sedikit rasa lemas sementara. Bagi yang memiliki gangguan pada tulang jangan mengkonsumsi banyak air kelapa.

    Comment by Akbar Fauzan | May 13, 2009 | Reply

  18. Kandungan kalori, lemak dan minyak yang tinggi di dalamnya tidak sajamenjadi sumber enerji yang melimpah yang dibutuhkan pada saat puasa, tetapi juga mengurangi kadar kolesterol dan menjaga kelenturan otot-otot sendi.

    Comment by Nia Agustin | May 13, 2009 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: